Resep Membuat Gurame Saos Mangga Anti Gagal

Resep Membuat Gurame Saos Mangga. #guramesaosmangga #nanangkitchen #resepguramesaosmanggaGurame saos mangga ala nanang kitchenRasanya hampir hampir mirip sm gurame saos thai dan bumbu rujak. Aduh temen temen sedep bgt yaa makan gurame tambah nasi anget minum nya teh botol sosro (ehh lho kok malah ngiklan wk). Gourami fish topped with spicy sambal rica.

Gurame Saos Mangga Seperti Gurame Bakar, Gurame Rica-rica, Gurame Asam Manis, dan Gurame Saos Mangga Gurame di tempat ini memang istimewah karena dipasok oleh peternak ikan dalam keadaan hidup. Lihat juga resep Gurame goreng tepung non Msg enak lainnya. gurame sedang di filet buang tulang tengah nya, bawang putih, kunyit, tepung terigu, Garam, Penyedap, Lada secukupnya nya, Minyak. Gurame goreng makin lengkap dan segar rasanya saat disajikan bersama salad mangga. Kamu bisa membikin Gurame Saos Mangga menggunakan 15 bahan dan cara membuat 20. Berikut ini adalah cara meresep dengan praktis.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Gurame Saos Mangga

  1. Tambahkan 1 ekor dari ikan gurame segar.
  2. Tambahkan 1 buah dari mangga harum manis (1/2 buah mangga juga cukup).
  3. Tambahkan 1 buah dari bawang bombay kecil.
  4. Persiapkan 1 buah dari jeruk kunci/nipis/lemon.
  5. Tambahkan 3 siung dari bawang merah.
  6. Tambahkan 2 siung dari bawang putih.
  7. Persiapkan 2 batang dari daun bawang.
  8. Campurkan 10 biji dari cabe rawit merah/cabe setan.
  9. Persiapkan 4 sdm dari saos sambel (me: saos sambel Delmonte).
  10. Tambahkan 2 sdm dari saos tomat (me: saos tomat Delmonte).
  11. Persiapkan 150 ml dari air.
  12. Campurkan 1 sachet dari tepung serbaguna crispy (me: tepung bumbu pedas krispi).
  13. Persiapkan 1 sdm dari tepung maizena (larutkan sedikit air).
  14. Tambahkan Secukupnya dari kaldu jamur.
  15. Persiapkan Secukupnya dari minyak goreng.

Aduk rata bawang merah, cabai rawit, cabai keriting, mangga muda, dan daun ketumbar. Berhubung mangga sedang musim dan mangga muda melimpah di pasar maka saya gunakan buah ini untuk menyedapkan gurami goreng saya. Pilih mangga yang mengkal berwarna kuning keputihan. Gurame atau gurami menjadi salah satu ikan air tawar paling favorit dikonsumsi di Indonesia.

Langkah Langkah Membuat Gurame Saos Mangga

  1. Bersihkan ikan gurame. Fillet daging ikan gurame berbentuk kotak2. Tinggalkan kepala dan tulang ikannya utuh. Baluri ikan gurame dengan jeruk nipis/jeruk kunci/jeruk lemon agar tidak amis. Diamkan sebentar..
  2. Siapkan tepung bumbu serbaguna dan air untuk adonan membalur ikan gurame fillet..
  3. Buat adonan baluran basah dengan tepung serbaguna. Pastikan teksturnya pas. Tidak terlalu encer. Lalu masukkan potongan2 ikan gurame fillet dan baluri rata dengan adonan tepung basah..
  4. Panaskan cukup minyak dalam wajan lalu goreng potongan2 ikan yang telah dibaluri adonan tepung hingga golden brown..
  5. Angkat fillet ikan gurame dan tiriskan..
  6. Baluri merata kepala dan tulang ikan dengan sisa adonan tepung basah. Goreng hingga matang keemasan dan cukup garing..
  7. Angkat tulang ikan dan tiriskan..
  8. Ikan gurame fillet dan tulang ikan gurame goreng sudah siap..
  9. Tata tulang ikan di atas piring bonjor dan susun fillet2 ikan gurame tepung diatas tulang ikan dengan rapi. Sisihkan. Menunggu saos mangga selesai di masak..
  10. Masak saos mangganya. Kebetulan aku pake mangga harum manis. Sebenernya pake separoh mangga aja udah cukup. Tapi karena emang pengen bikin saosnya rada banyakan mangganya. Aku pake 1 buah mangga harum manis ukuran sedang..
  11. Siapkan bahan2 saos mangga. Buah mangga diiris2 tipis memanjang, daun bawang dan cabe rawit merah diiris2 serong, bawang putih, bawang merah dan bawang bombay diiris2 sesuai selera..
  12. Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang bombay sampai harum..
  13. Masukkan irisan bawang putih, bawang merah dan cabe rawit merah/cabe setan. Tumis lagi sampai harum..
  14. Masukkan saos sambel dan saos tomat dalam tumisan. Tambahkan air. Aduk rata. Bumbui dengan secukupnya kaldu jamur. Cicipi dan koreksi. Aduk hingga mendidih..
  15. Kecilkan api. Masukkan potongan2 mangga dalam tumisan saos. Aduk rata..
  16. Masukkan irisan daun bawang. Aduk rata..
  17. Tambahkan air larutan tepung maizena agar saos mangga mengental dan lebih pekat..
  18. Siramkan saos mangga diatas ikan fillet gurame tepung yg telah di tata tadi. Hingga ikan gurame terbalur saos mangga. Karena pake 1 buah mangga, saosnya jadi banyak banget sampe semua ikan tertutup saos. Tapi ini daging fillet ikan gurame-nya juga full kok sampe ke atas2 itu. Menyatu dengan saos mangga yg endulita tralala..
  19. Sajikan dengan sebakul nasi hangat..
  20. Yummy! 🤤 Gurame Saos Mangga surely will make your Tummy so Happy! 🤗🎊 Have a nice try, baby! 😘🍛 – 🌻Unda Qy.

Kami yakin gurame berasal dari kolam mereka. Gurame utuh digoreng tepung terlihat renyah garing. Gurame Saos Asem Manis Tomat Segar. Racikan jitu umpan mancing ikan gurame liar di kolam dan sungai. Salah satu ikan yang menjadi buruan pemancing mania ialah ikan gurame. Demikian lah tutorial Resep Membuat Gurame Saos Mangga.

Komentar Dinonaktifkan